Belajar Gitar Mulai Dari Steam, Nada, dan Chord !

FALS ? KENAPA ?
Ketika kita menstem/tuning suatu alat music gitar misalnya, atau kita bernyanyi, kita sering mengalami suara fals, didengar rasanya tidak pas. Padahal kalo bernyanyi perasaan sudah sungguh-sungguh, tapi kok pendengar/penonton seperti mendengar suara aneh. Pertanyaannya “mengapa suara fals?”. Menurut saya, hal seperti ini terjadi karena kita tidak mengikuti alur not atau range suara yang sama dengan lagu yang diinginkan atau penyanyi yang ditirukan/dinyanyikan lagunya, sehingga terdengar terlalu tinggi, terlalu rendah dan seterusnya. Persoalannya sekarang, bagaimana kita mengatasinya?. Secara teknis, nada sebenarnya adalah sebuah gelombang bunyi teratur(nada: suara teratur, bunyi: suara tidak teratur) yang mempunyai frekuensi tertentu. Jadi misalnya: nada A = 440Hz, dst. Jadi misalnya kita bernyanyi dengan rangkaian not lagunya: 1-2-3-4-5(do-re-mi-fa-sol), bila C=1, maka kita dapatkan C-D-E-F-G, dengan rangkaian frekuensi 261Hz-293Hz-329Hz-349Hz-391Hz , suara kita fals karena kita bergerak di frekuensi yang berbeda, disitu ada yang sumbang 1 not saja misalnya C menjadi C#(277Hz), tambah rendah/tinggi sedikit saja frekuensinya, yang kita dengar adalah nada yang berbeda.
Solusinya kita harus melatih kepekaan kita sehingga kita bisa mengikuti alur nada (baca: frekuensi) itu dengan baik. Hal ini berlaku juga bagi kita kalo kita menstem gitar. Maaf, mungkin bahasan disini agak teknis banget, tapi ya memang itulah adanya.

Spoiler for gitar:

Gitar adalah alat musik berdawai yang dimainkan dengan jari-jemari tangan atau sebuah plektrum (alat petik gitar). Bunyinya dihasilkan dari senar-senar yang bergetar.

Gitar bisa berupa gitar akustik atau listrik, atau gabungan keduanya.

Spoiler for sejarah:

Keaslian gitar tidak dapat dilihat dari keantikannya. Beberapa ahli merasa alat ini berasal dari benua Afrika, dimana banyak Replika modern dalam bentuk kotak bulat seperti kulit kerang dengan Gut / benang benang sutera, di banyak daerah benua itu. Ahli lain menemukan alat ini dalam bentuk kaca di relief relief batu tua di zaman Asia Tengah dan Asia Kuno. Bahan pemikiran lain juga timbul dengan ditemukannya vas vas Yunani Kuno yang bercorak. Greek Strings mungkin adalah alat pertama yang dikatagorikan sebagai gitar. Gitar modern kemungkinan berakar dari gitar Spanyol, tetapi berbagai jenis gitar seperti instrumen instrumen yang kita bisa saksikan dilukisan lukisan pada zaman Medieval dan Renaiassance yang banyak terdapat diseluruh Eropa.

Spoiler for steam gitar:

Putar tuner(penala) senar gitar perlahan, petiklah beberapa kali(dengan tangan satunya), bandingkan dengan senar lain hingga sama nadanya, dengan ketentuan seperti berikut:

1. Nada Senar no 1(E) los senar = Nada senar no 2(B) fret ke 5 (petik senar kedua dengan jari tangan satunya menekan senar no 2 pada fret ke 5)

2. Nada Senar no 2(B) los senar = Nada senar no 3 fret ke 4 (petik senar ketiga dengan jari tangan satunya menekan senar no 3 pada fret ke 4)

3. Nada Senar no 3(G) los senar = Nada senar no 4 fret ke 5 (petik senar keempat dengan jari tangan satunya menekan senar no 4 pada fret ke 5)

4. Nada Senar no 4(D) los senar = Nada senar no 5 fret ke 5 (petik senar kelima dengan jari tangan satunya menekan senar no 5 pada fret ke 5)

5. Nada Senar no 5(A) los senar = Nada senar no 6 fret ke 5 (petik senar keenam dengan jari tangan satunya menekan senar no 6 pada fret ke 5)

Los senar adalah senar gitar hanya dipetik saja, tanpa jari kita menekan pada fretboard

Spoiler for mengatur frekuensi:
Untuk aturan frekuensi nada musik baik vokal maupun instrument musik sebenarnya sudah mengikuti standar yang berlaku secara internasional Adapun nada yang dijadikan standar internasional adalah nada A dengan frekuensi 440Hz(hertz), sehingga alat musik modern(tradisional seperti gamelan misalnya tidak mengikuti standar tsb) dimanapun di dunia akan mengikuti standar tersebut. Nah pertanyaannya adalah: bagaimana kita tahu kalo nada A pada gitar ketika sudah kita stem = 440Hz? . Kita perlu menggunakan alat ukur nada yang standar, yaitu:

Spoiler for 1:
1. bisa menggunakan sebuah garpu tala (bisa dibeli di toko musik), cara memakainya cukup pukulkan garpu tala ke obyek tertentu(meja misalnya) maka akan berbunyi sesuai dengan nada tertentu, tiap garpu tala punya nada tertentu, biasanya C atau A(bawaan pabrik)

Spoiler for 2:
2. dengan menggunakan digital guitar tuner (bisa dibeli di toko musik juga), cara memakainya, biasanya ada semacam buku panduan yang disertakan ketika kita membelinya.

Spoiler for 3:
3. menggunakan alat musik lain sebagai perbandingan, bisa dengan piano/keyboard misalnya.

Spoiler for 4:
4. dengan software musik di komputer, seperti guitarpro yang sudah menyertakan digital guitar tuner didalamnya

Spoiler for 5:
5. beberapa efek gitar elektrik juga sudah menyertakan digital guitar tuner didalamnya

Spoiler for nada pada senar gitar standar:

Pada diagram diatas, kearah kanan(kolom) adalah senar, sementara ke bawah adalah fret. Sebagai contoh: Open string senar(string) ke enam(E rendah) adalah nada E. Dengan menekan senar ke enam(E rendah) pada fret ke 1 menghasilkan nada F.
Ini adalah nada-nada pada fret gitar standard tuning, 6 senar, gitar elektrik, sebagai awal mula kita mulai belajar membunyikan gitar, he he he, perhatikan: pola nada berulang mulai fret 12 tiap senar, tapi nadanya naik satu oktaf. Akan lebih baik kalo kita benar-benar mengenal tiap nada.

Spoiler for chord gitar:

Chord gitar adalah bentuk-bentuk atau cara meletakan jari pada gitar untuk menciptakan suatu nada kunci. dalam satu buah chord menghasilkan lebih dari satu nada yang berbaur satu dengan yang lainnya yang dapat menciptakan suatu kombinasi nada yang indah dan enak untuk di dengarkan.

2 Komentar

  1. sumber:www.kaskus.us

  2. Salam Kenal…
    bagi yg ingin belajar gitar secara lengkap dan mendownload pelajaran Gitar Pemula, Blues, Jazz dlm Bhs. Indonesia silahkan kunjungi http://www.gitarzoom.blogspot.com
    trimakasih


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s