KAMERA DARI KOTAK KOREK API

ni bahan2nya:
1. kotak korek api = Rp 500,-
2. kaleng coca-cola bekas = Rp 5000,- (ga nyampe) ato bs minta ato nyari di tempat sampah
3. isolasi kabel = Rp 8000,- (itu udh bisa buat lebih dr 1 kamera)
4. roll film baru = Rp 20.000,- paling mahal Rp 25.000,-
5. roll film bekas/kosong = minta mas2 fujifilm
6. spiral yg buat ngejilid = minta aja dikit sama mas2 fotokopi

Spoiler for buka:

caranya:
1. bikin frame di kotak yang dalam trus warnain item

Spoiler for buka:

disini lebar lobang framenya 2,4 cm

2. bikin lubang berbentuk segi 4 di kotak bagian luar

Spoiler for buka:

3. gunting kaleng cocacola td kecil aja trus dibolongin pake jarum segede lubang jarum setelah itu dihalusin pake amplas

Spoiler for buka:


perhatian supaya gambar yg dihasilkan bisa fokus, kaleng ini diamplas ampe tipis setipis2nya, selain itu lobangnya juga jangan gede2, kecil aja yg penting bolong

4. tempel di bagian depan kotak korek api

Spoiler for buka:

5. bikin shutternya

Spoiler for buka:

6. bikin penanda bunyi klik

Spoiler for buka:



itung 2,4cm td itu ada berapa lobang. misalnya 7 lobang, jd pas muter filmnya nanti agan dengerin bunyi klik ampe 7 kali gt

7. masukin filmnya ke kamera

Spoiler for buka:


solasi ujung film dengan ujung film sisa pada roll yg kosong

masukin kaya gini

mesti di lakban biar cahaya ga masuk

8. bikin winder

Spoiler for buka:

9. jadinya gini

Spoiler for buka:

totalnya Rp 38.500,- itu juga masi bisa di irit2 lagi bat

ni beberapa hasil karya saye
ini pas pertama kali coba2

1.

Spoiler for buka:

2.

Spoiler for buka:

3.

Spoiler for buka:

4.

Spoiler for buka:

5.

Spoiler for buka:

6.

Spoiler for buka:

oiya ampe lupa nih CARA MAKENYA

itu shutternya dibuka aja tp tangan jgn sampe goyang
-klo utk cahaya terang outdoor kira2 dibuka 3-5 detik
-klo cahaya sedeng outdoor ya kira2 10-15 detik
-klo yang malam hari itu ada yg sampe 10-30 menit malah ada yg 1 jam hhehe
sebenernya itu tergantung sama gede lobangnya, jarak dr lobang ke film, dll banyaklah pokoknya
jadi intinya banyak2 mencoba aja bat hhe

satu lagi.. tar klo udh abis roll filmnya dibuka aja solasinya trus gunting filmnya, sisain guntingan jgn pendek2 biar bs buat bikin kamera lg..
terus filmnya di cuci kira2 Rp 7000,-
gausah di cetak tp di scan ato di transfer hrs di lab.foto (fujifilm dkk) harganya ada yg Rp 500,-/gambar ada yg Rp 10.000,-/roll
lumayan drpd nyetak Rp 1000,-/lembar

banyak yang nanya ini gimana bs nangkep gambarnya
ni saye  kasi sedikit PENJELASANNYA

Spoiler for PENJELASAN:

jadi hanya menggunakan sebuah lubang sebesar jarum dan tanpa menggunakan lensa pun bisa mendapat gambar
gambar yang ditangkap film akan terbalik 

JANGAN MEMBUAT LUBANG TERLALU BESAR


ini jika lubang yang dibuat TIDAK TERLALU BESAR, gambar yang didapat akan lebih FOKUS


ini jika lubang yang dibuat TERLALU BESAR, gambar yang didapat akan lebih TIDAK FOKUS


tanggapan:

Spoiler for tanggapan:
Quote:
Originally Posted by z74nk View Post
bukannya ga semuanya fix ya …
kadang ada yg nyampe 5 jam lebih gitu….
or cuma nyampe 7 detik cukup… 

yang penting hasilnya oke…

ditaro di atas juga boleh kok…

tu  udh saya taro atas
bener jd itu ga selalu fix bukanya berapa lama, tergantung feeling dan pengalaman

Quote
View Post
nggak ada yang fokus
main kesini deh http://www.mrpinhole.com/
dihitung dulu besar lubangnya

ini kalo mau tau itung2annya bat buat dasar aja selanjutnya mah feeling hhe

Quote:
Originally Posted by z74nk View Post
Abat “maluu”, saye bantuin ya yg bikin pake kaleng… 

CARA BIKIN KLJ DENGAN KALENG

Spoiler for cara… SERIUS MODE ON:
– lubangin kaleng yg udah abat bawa dengan bor (kaleng harus udah di warnain item dlu, biar ga ada pemantulan cahaya n hasilnya fotonya gatot terus….). waktu itu saye nyobanya pake kaleng rokok Gud*ng G*ram
– ambil potongan seng or alumunium (bekas kaleng minuman waktu itu…) dan lubangilah sedikit dengan jarum. ini akan bertindak sebagai lensa.
– rekatkan pada pinggiran ‘lensa’ dengan plakban. Usahakan lensa berada di tengah lubang pada kaleng.
– buatlah shutter dari lipatan plakban dan tempelkan pada sebelah lensa. usahakan agar lensa tertutup pada saat ditempel erat dan bisa ditarik kembali tanpa merubah posisi lensa.
– bawa ke kamar gelap, isi dengan kertas film yg putih, tutup rapat dan jangan sampai ada lubang sedikitpun pada kamera anda.
– kamera siap digunakan.

bedanya cuma di filmnya…
klo yg awal pake film rol…
tapi yg kaleng pake kertas foto….

moga-moga bermanfaat…

makasi gan
saye juga pernah buat yg kaleng cm kayanya bahan2nya lebih susah dicari hhe

Quote:
Originally Posted by gabmitha View Post
wah, pas praktek , udah di coba dulu. and it works! nice share !

BUAT YANG BINGUNG TANYA AJA

Spoiler for BINGUNG:
Quote:
Originally Posted by maluu View Post
Quote:
Originally Posted by SPSK View Post
Nais Sjaring gan.. 

Lumayan nih buat belajar2 motret dan ngerasain nuansa pemotretan jaman bahola..

saya juga pernah tertarik buat bikin kamera lubang jarum, tapi saya lupa2 mulu beli propertinya.. Hehehe..

Btw, saya mau tanya, saya kurang ngerti sama kamsud anda yang ini:
“itung 2,4cm td itu ada berapa lobang. misalnya 7 lobang, jd pas muter filmnya nanti agan dengerin bunyi klik ampe 7 kali gt”.

Maksudnya 7 lobang itu apaan ya ?
trs buat apaan?
Thanks before klo  sudi menjawab pertanyaan gw.
_____________________

JAWAB:

jadi gini bat kan td bikin frame nya panjangnya 2,4 cm tu

Spoiler for buka:

trus kan di film kan ada lobang2nya gitu

Spoiler for film:

td framenya dibuat sepanjang 2,4cm
abis itu ukur film td 2,4cm tu dapet berapa lobang
misalnya dapet 7 (misal)

terus….
nah klo abis motret kan klo mau motret lg mesti ngegulung filmnya (kecuali klo mau nimpa), pas ngegulung kan bingung tu mau gulung sampe brp banyak
disinilah dikasi penanda bunyi klik td

Spoiler for klik:

tar setiap diputer akan ada bunyi klik setiap 1 lobang gitu nah karna td panjang framenya 2,4cm dan panjang 2,4cm klo di filmnya setelah di hitung jadinya 7 kotak , maka pada saat muter widernya abat dengerin sampe bunyi klik 7 kali baru setelah itu abat bisa motret lagi tanpa nimpa foto yg td..

susah juga jelasinnya hhe

sudah ngerti bat? klo belom saye jelasin lg jg gapapa

1 Komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s